BI: PENUKARAN DAN PENDISTRIBUSIAN UANG SIAP

ilustrasi


BANDARLAMPUNG, FS- BI sudah siap melayani penukaran uang pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000. Ketua Tim Ekonomi Keuangan BI Lampung Indrayana Judana mengatakan pendistribusian uang pecahan menjelang ramadhan dan lebaran siap namun belum belum ditentukan jumlahnya. “Penukaran dibuka Senin sampai Kamis,” katanya.


Indriyana menjelaskan dalam pelaksanaan penukaran uang, BI bekerja sama dengan BCA, Bank Lampung, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. Ia mengatakan saat ini uang pecahan kertas Rp1.000 sudah sedikit. Meskipun demikian, BI  akan memproduksi uang pecahan Rp1.000 logam.
Indrayana mengatakan BI masih mengkaji tambahan uang yang diperlu untuk kebutuhan Lampung menjelang hari raya.

Darman selaku Kasir senior BI Lampung mengatakan sampai beberapa bulan ke depan kas uang di BI untuk menghadapi kebutuhan uang masih cukup. "Sampai dua bulan kedepan Engga ada malasah," ujarnya.

Selain itu, terkait beredarnya uang palsu. BI akan meningkatkan pengawasan dan sosialisai dengan mobil kas keliling. BI juga bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam pengawasan. Apabila ditemukannya uang palsu pihak BI-lah yang akan memastikan uang tersebut, palsu atau bukan. “Petugas terus menyosialisasikan ciri keaslian uang rupiah. Mudah-mudahan bisa mencegah peredaran uang palsu,” ujarnya. (AR)

Aprohan Saputra