Happy Anniversary 5th Akun @Infolampung



Ketersediaan informasi dan dikenalnya Lampung sedikit banyaknya dipengaruhi oleh marak bermuncul akun-akun media sosial yang memberikan informasi seputar perkembangan Lampung.
Hari ini beberapa admin (administrator) media sosial akun twitter dan para blogger Lampung berkumpul merayakan hajat lahirnya akun twitter @infolampung ke-5 tahun di Dawils Resto, Minggu (21/6).




@infolampung merupakan akun publik yang memberikan informasi seputar Lampung. "Merupakan projek pribadi beberapa orang bikin akun buat nyalurin informasi," ujar Rizki Anugrah, salah satu admin infolampung.

Rizki mengatakan info yang dishare biasanya seperti info lalu lintas, politik, berita umum. "Tergantung ke jadian atau momen yang bisa diangkat tiap harinya, misalnya Jokowi datang kemaren ke Lampung, kita pantau dan twitt hasil pantauan kegiatan selama dia di Lampung," ujarnya.

Akun infolampung juga bekerjasama dengan akun-akun twitter lainnya seperti KelilingLampung, LampungHeritage, LampungBelajar, Oesahakreatif,  KomunitasFotoBE, BalaSakaiSambayan, RuangRenjana, Cawageh, bandarlampung. "Saling tukar informasi," ujar Rizki.

Infolampung berharap semoga keterbukaan informasi di Lampung semakin luas dan cara masyarakat memperoleh keterbukaan informasi semakin mudah.

Lampung cukup baik tapi untuk memberikan informasi masih tertutup atau masih banyak akun yang mementingkan pribadi saja.

Kuranngya Lampung adalah sedikitnya akun-akun pemerintahan yang aktif memberikan infomasi atau berita yang dapat di-share mengenai Lampung.

"Kebanyakan di daerah lain seperti Bandung, Jawa Tengah sangat memanfaatkan media sosial dalam keterbukaan informasi. Seperti kerjaan humas di pemerintahan itu menjalin komunikasi dengan masyarakat, seharusnya pemerintah juga memanfaatkan media sosial seperti twitter, karena aspirasi itu tidak hanya terlontar di dunia nyata malahan kebanyakan saat ini di dunia maya, sehingga aspirasi masyarakat seharusnya dapat diantisipasi dengan ketersediaan akun pemerintahan," ujar Rizki.

Ia berharap infolampung bisa semakin besar dan membesarkan. Membesarkan  maksdunya adalah memberikan kebermanfaatan bagi akun Lampung lainnya, "Mengajak komunitas juga besar, Infolampung tidak akan besar tanpa yg lainnya juga," ujar Rizki.

Salah satu, pemilik akun @kelilinglampung, Yopie Pangkey kedepannya diharpakan bisa lebih menyebar luaskan informasi dan data terkait Lampung yg lebih informatif. Ia juga berharap agar kedepannya masyarakt Lampung aktif bersuara di media sosial. "Ada akun-akun lain serupa yg bisa mengisi yg belum tersampaikan, misalnya tentang hukum dan sebagainya mengenai Lampung."

Selama ini menurut Yopie, pemerintah Lampung belum banyak berkeja sama dengan para penggiat media sosial atau admin. "Harapan dengan pemerintah, mereka seharusnya tahu mengenai akun-akun seperti ini yang memberikan info tentang Lampung, pemerintah seharusnya dapat lebih membina atau memfasilitasi, contohnya pemerintah ada info apa, bisa kita sebarkan, keterbukaan informasi," ujarnya.

Begitu juga dengan pemilik akun @infolampung, M. Ali berharap kedepannya bisa memberikan info yg lebih, sesuai dengan tagline infolampung "info the more exciting Lampung" mengabarkan keindahan Lampung, supaya media sosial Lampung lebih bergairah.

Selain itu, M. Ali berharap lahir akun-akun baru yang itu tidak hanya akun-akun pribadi atau individu tapi juga lahir akun-akun sosial dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Lampung.

"Harapannya bukan dari individu saja, SKPD harapannya juga bisa membuat dan menyalurkan informasi terkait Lampung dan pemerintahan yang bisa di share." ujarnya.

Ia mengatakan kalaupun tidak ada admin akun sosial tiap SKPD, pemerintah juga bisa bersinergi dengan admin yang memiliki akun-akun media sosial lainnya seperti. "Seperti Cawageh saling tukar dan share info tentang Lampung," ujarnya.

Dengan adanya akun-akun media sosial SKPD dapat mempermudah atau bersinergi dengan akun lainnya buat di sebar luaskan. "Akun kita tidak seratus persen buat komersil, tujuan kita adalah memperkenalkan Lampung agar lebih bergairah," ujarnya. (AR)

foto-foto yang lain...