PERSIAPAN HARI RAYA, PANGAN LAMPUNG AMAN

ilustrasi


BANDARLAMPUNG, FS – Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provisni Lampung, Eko Dyah P mengatakan dalam persiapan produksi padi untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran secara umum diperkirakan aman.   

Menurut Dyah persiapan 3 bulan kedepan produksi padi Lampung untuk menghadapi hariraya Ramadhan dan lebaran  dibulan Juni siap panen 66 ribu hektar, Juli 46 ribu hektar, dan Agustus 50 ribu hektar.  Ia mengatakan untuk bulan Juni-Juli panen padi mencapai kurang lebih 200.000 ton. “Diprediksi menghadapi natal dan tahun baru persediaan lumbung kita aman,” ujarnya.

Ditahun 2015 ini peningkatan panen padi meningkat dari tahun sebelumnya. Panen padi untuk 2015 ini untuk panen untuk padi sawah sebesar 3,8 juta ton dan padi ladang  4 juta ton. Meningkat dari 2014, panen untuk padi sawah sebesar 3,2 juta ton dan padi ladang 180 ribu ton. “Secara umum Lampung itu Surplus,” tambahnya.

Daerah penghasil produk padi hamper merata di 15 kabupaten kota Provinsi Lampung. Lumbung padi untuk Lampung dominan ada diproleh dari kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan sebesar 30 % dari daerah yang lain.

Meskipun secara umum, Lampung aman namun pemerintah juga tidak bisa menghalangi penjualan padi kedaerah luar. “Lumbung padi sifatnya tidak satu pintu, jadi petani juga bisa jual semau mereka, namun diperkirakan persediaan lumbung padi Lampung, aman,” ujarnya yakin. (AR)

Aprohan Saputra