TIKET KERETA API LAMPUNG UNTUK LEBARAN BISA DIBELI SEKARANG

Muhaimin, Manajer Humas PT KAI Provinsi Lampung
BANDARLAMPUNG, FS – Manajer Humas PT KAI Provinsi Lampung, Muhaimin,  mengatakan siap menghadapi lonjakan arus mudik lebaran. Dalam memenuhi tiket, PT KAI Provinsi Lampung menyediakan dua trip kereta api. Kereta api perjalanan pagi, menggunakan kelas Ekonomi dengan kereta api Rajabasa, sedangkan trip perjalanan malam, menggunakan kelas Bisnis dan Eksekutif dengan kereta api Limex Sriwijaya.

Menurut Muhaimin tiket lebaran tidak mengalami perbedaan dari tarif biasa. Kelas Ekonomi sebesar Rp35 ribu, sedangkan untuk tarif kelas Bisnis dan Eksekutif menggunakan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB). Kelas Bisnis TBB Rp90 ribu dan TBA Rp160 ribu serta kelas Eksekutif TBB Rp160 ribu dan TBA Rp200 ribu. “tahun ini tarif tba dan tbb itu ditentukan kebijakan komersial pusat bukan dari daerah, biasanya tarif ini dipengaruhi melihat hari sepi dan hari ramai, jadi fleksibel, saja, ” ujarnya.

PT KAI Provinsi Lampung sudah membuka pembelian sejak 11 April lalu. Sebanyak 1.090 tiket per hari untuk semua jenis kelas kereta api. “PT KAI Provinsi Lampung  menyiapkan tiket untuk H-10 dan H+10 lebara,” ujar Muhaimin saat temui dikantor.

Muhaimin menjelaskan tiket kereta api untuk Lampung sampai saat ini masih banyak belum habis terjual. “Sampai saat ini tiket baru terjual sebanyak 50% untuk keberangkatan tanggal 14 dan 15 Juli (yakni H-2 dan H-3 lebaran, red),” ujarnya.

Penjualan tiket kereta api sangat mudah diperoleh. Penumpang dapat membeli tiket kereta api melalui layanan online yang tersedia di indomaret, alfamart, kantor pos, kantor pegadaian bahkan  dapat menlalui aplikasi pada smartphone dan blackberry. Pembeli juga dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM). Setelah mendapatkan slip pembayaran, selanjutnya pembeli segera menukarkan slip ke stasiun  kereta api Tanjungkarang untuk mendapatkan tiket asli.

Muhaimin juga menghimbau kepada penumpang melakukan penukaran slip pembayaran segera agar mennghindari anterian padat saat penukaran di stasiun. Serta, upaya menghindari tulisan pada slip ATM yang sering hilang. “Sebaiknya segerakan untuk menukar ke stasiun untuk menghindari tulisan pada slip ATM sering hilang, kalo tidak bisa terbaca bagaimana bisa ditukarkan tiket asli,” pungkasnya.

Untuk menghindari terdapatnya kecurangan seperti calo, PT KAI Provinsi Lampung juga menerapkan peraturan tegas. Tiket yang dibeli penumpang harus sesuai dengan identitas pembeli. Apabila tidak sesuai dengan identitas tiket dianggap tidak sah. “Mau tidak mau, penumpang yang tidak sesuai identitas pembeli tidak akan bisa berangkat,” jelas Muhaimin.

Pihak PT KAI juga memberikan toleransi bagi penumpang yang tidak jadi berangkat atau identitas tidak sesuai, dengan membatalkan pemberangkatan. Penumpang dapat menukarkan tiket sebelum 30 menit keberangkatan. Pembatalan tiket pun dikenakan potongan sebesar 25%.

Tarif anak diatas tiga tahun dikenakan tarif sama yakni tarif dewasa. Sedangkan, tarif anak dibawah tiga tahun tidak dikenakan biaya dan akan diberi tiket khusus yakni tiket infant (tiket nol rupiah). Namun tiket infant hanya diperuntukan bagi 1 bayi. “kalo dia punya dua bayi maka bayi yang satunya bayar dengan tarif biasa, tiket infant bisa diminta ke petugas PT KAI di stasiun,” kata Muhaimin. (AR)

Aprohan Saputra

SKH Fajar Sumatera 28 Mei 2015


No comments: