BPS: TIDAK ADA DESA TERTINGGAL DI METRO



BANDARLAMPUNG, FS – Metro tidak ada yang masuk status daerah tertinggal. Metro termasuk desa maju dan berkembang. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung, Adhi Wiriana, indeks kemajuan desa yang dilkaukan bersama pemerintah daerah menemukan sekitar 380 desa yang berstatus tertinggal. “Bandarlampung sendiri masih ada desa-desa yang tertinggal,” ujarnya.

Menurutnya, status tertinggal diberikan karena desa-desa tersebut dari segi infrastruktur, seperti belum ada listrik, sudah ada listrik tapi listrik swasta, sekolah terbatas dan jalan pun susah. Mulai 2015 hingga 2017, pemerintah daerah berencana fokus untuk melakukan perbaikan, sehingga desa tersebut tidak tertinggal.

Adhi juga memberikan masukan, setidaknya untuk perbaikan besa tertinggal diperlukan anggaran sekitar 50 milyar tiap desa.

Adhi mengatakan pemerintah daerah menargetkan tiga tahun untuk penyelesain. Yang akan dilakukan yakni perbaikan infrastruktur, sarana prasarana, sekolah dan puskesmas. “Dalam hal ini, BPS akan melakukan pemantauan secara berkala sampai sejauh mana peningkatannya,” ujarnya. (AR)

Aprohan Saputra