OJK RESMIKAN PROGRAM LAKU PANDAI

BANDARLAMPUNG, FS - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memulai program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yang diselenggarakan untuk 17 bank di Indonesia pada bulan lalu. "Dalam tiga tahun ke depan, saya perkirakan agen-agen Laku Pandai akan ada di semua wilayah Indonesia," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad dalam jumpa pers program Laku Pandai di Jakarta. Hadir dalam jumpa pers itu adalah Deputi Komisioner Pengawas Bank Indonesia Mulya Siregar, serta jajaran Direksi BRI, Bank Mandiri, BTPN, dan BCA.


Muliaman menjelaskan, bahwa program Laku Pandai ini diharapkan dapat mendukung program keuangan inklusif sesuai dengan tujuan Pemerintah Indonesia yang dicanangkan dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) pada Juni 2012. Produk yang disediakan Laku Pandai adalah tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya; seperti asuransi mikro.

Kepala OJK Lampung, Besarai mengatakan pada tahap awal ada empat bank yang sudah mendapatkan persetujuan dan akan meluncurkan program ini dalam waktu dekat yaitu Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank Tabungan Pensiunan Nasional, dan Bank Central Asia. Dari empat bank ini, ditargetkan akan direkrut sekitar 128.039 agen selama periode 2015. “Jika 13 bank lain mulai ikut menjalankan program Laku Pandai pada tahun ini, diperkirakan jumlah agen Laku Pandai mencapai 350 ribu, dengan cakupan 75 persen wilayah di seluruh Indonesia,” ujarnya. (AR)


Aprohan Saputra

No comments: